

Mulanya sebuah toko batik yang tergolong kecil, namanya Toko Djockja. Luasnya sekitar 100 M2, berlokasi di daerah Kosambi Bandung (sekarang Jl.A.Yani no.119). Pengelolaan toko dilakukan secara sederhana oleh Keluarga.
Tahun 1974, Pak Boedi Siswanto Basuki, menyelesaikan pendidikan dari FE Universitas Parahyangan Bandung, bersama dengan Ibu Tina Handayani, rekan seangkatan yang menjadi pendamping setianya hingga kini.
Berbekal pengetahuan praktis tentang usaha eceran, dikombinasikan dengan literatur dari bangku kuliah tentang manajemen perdagangan, pasutri Pak Boedi dan Ibu Tina melakukan pembenahan usaha di toko Djockja.
Keinginan dan kebutuhan pelanggan diperhatikan lebih serius. Dampaknya segera terlihat, khususnya dalam hal barang dagangan. Semula hanya toko batik, kemudian mulai menyediakan kebutuhan sehari-hari.
Pada hari Kamis, Tgl.28 Oktober 1982, disaksikan kerabat dan relasi termasuk pemasok, dalam sebuah upacara sederhana, diresmikanlah cabang pertama Toserba YOGYA. Lokasinya di Jl.Sunda no.60 Bandung. Luas toko sekitar 200 m2, dengan tenaga kerja sekitar 40 Orang. Bukan lagi sekedar toko batik melainkan sebuah toko kelontong.
Inilah cikal bakal perkembangan Toserba YOGYA, dari sebuah toko kecil dan sederhana menjadi sebuah toko modern dengan pengelolaan yang lebih profesional. Selanjutnya Tgl.28 Oktober, dijadikan sebagai hari jadi Toserba YOGYA yang setiap tahun diperingati sekaligus bersama dengan peringatan peristiwa nasional Sumpah Pemuda.
Toserba YOGYA makin mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dan mitra usahanya. Pengembangan usaha pun dilakukan dengan membuka cabang di beberapa kota lain seperti di Cirebon, Tasikmalaya, Jakarta, Sukabumi, Bogor, Sumedang, Indramayu, Kuningan, Pamanukan, Jatibarang, Kuningan, Purwakarta, Garut, Ciamis, Banjar dan Majenang.
Dalam hal expansi manajemen YOGYA memilih sikap lebih konservatif dan sungguh-sungguh mempertimbangkan kemampuan diri sendiri serta faktor kemudahan dukungan bagi cabang yang baru dibuka. Hal ini dilakukan agar kehadiran Toserba YOGYA benar-benar dapat memberi kepuasan kepada masyarakat yang dilayani.