IKA UNPAR

Ikatan Alumni Universitas Katolik Parahyangan

Sejarah IKA

SEKILAS PEMBENTUKAN IKATAN ALUMNI UNPAR

Sejarah Pembentukan

Setelah Munas II Ikatan Alumni Teknik Sipil (IATS) pada Juni 1998, pengurus IATS mengadakan audiensi dengan Rektor Unpar, pada saat itu dijabat oleh Prof. Dr. Benny Soeprapto Brotosiswojo. Pada kesempatan itu diusulkan untuk dibentuk ikatan alumni Unpar dengan pemikiran bahwa dengan jumlah lulusan yang sudah mencapai 20.000 lebih, sudah saatnya Unpar mempunyai ikatan alumni sebagai sarana komunikasi antar alumni dan juga antara alumni dan Unpar. Apalagi pada saat itu hampir di seluruh fakultas/jurusan di Unpar telah terbentuk ikatan alumni.

Setelah menunggu cukup lama, pada tanggal 3 Mei 2000 Rektor mengundang ikatan alumni fakultas/jurusan di Unpar untuk menjajagi pembentukan ikatan alumni Unpar. Pada saat itu selain Rektor, hadir pula R.W. Triweko, PhD. (Pembantu Rektor IV), dan ketua BAPSI. Sedangkan dari alumni hadir perwakilan dari Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Hukum, Filsafat, Teknik Kimia, dan MIPA. Dalam pertemuan ini dibahas pentingnya untuk menjaga hubungan baik alumni dengan almamater. Beberapa gagasan awal yang disampaikan, antara lain:

a. Pembentukan Ikatan Alumni Universitas Katolik Parahyangan (IKA Unpar)
b. Pengembangan Sistem Informasi Alumni
c. Penyediaan Sekretariat Ikatan Alumni Unpar
d. Pendistribusian Warta Unpar kepada alumni
e. Menyediakan mailing list khusus untuk mempercepat arus informasi di antara alumni
f. Pengembangan Dana Beasiswa

1

Penandatanganan Nota Kesepakatan 4 Juli 2002

Kongres pada awalnya direncanakan untuk diadakan bersamaan dengan acara Dies Natalis Unpar Ke-48 pada tanggal 18 Januari 2003, sekaligus menjadi Home Coming Day untuk alumni. Karena ketidaksiapan panitia secara teknis dan terutama dari segi biaya, maka akhirnya Kongres pertama diundur.

Kongres I IKA Unpar

Hari yang bersejarah untuk IKA Unpar, Kongres I IKA Unpar akhirnya terselenggara pada 1 Maret 2003, bertempat di Kampus Unpar, Jl. Merdeka 30, Bandung. Sekitar ±120 orang alumni hadir dalam Kongres, yaitu delegasi yang ditunjuk dari IKA Fakultas Ekonomi, Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Teknik Sipil dan Arsitektur, Filsafat, dan delegasi termuda dari Jurusan Teknik Industri. Kongres dibuka dengan Mengheningkan Cipta dan pembacaan Deklarasi Pembentukan Ikatan Alumni, dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia dan Sambutan Rektor yang sudah dijabat oleh Pius Suratman Kartasasmita, PhD. (Rektor Unpar Periode 2002-2007).

2

Mengheningkan Cipta

3

Pimpinan Sidang Ki-ka : Soerjadedi Sastraatmadja, Danau Limborro, Piet Simanjuntak, Handi Pranata, I Wayan Parthiana

Setelah coffee break, acara dilanjutkan dengan persidangan dan rapat komisi yang terbagi atas Komisi A Bidang Organisasi dan Komisi B Bidang Program Kerja. Acara berlanjut dengan pengesahan hasil rapat komisi dan pemilihan ketua dan pengurus IKA Unpar yang pertama. Pada acara pemilihan Ketua Ikatan Alumni Unpar, muncul 3 nama calon, yaitu Bob Nainggolan dari Fakultas Hukum, Danau Limborro dari Teknik Sipil, dan Soaloon L. Tobing dari Teknik Arsitektur. Sesudah perwakilan ikatan alumni fakultas/jurusan yang terdiri atas Antonius Tardia (Ekonomi), ……. (Hukum), Teguh Satria (Teknik Sipil), Thomas Tirta (Teknik Arsitektur), Zulkarnaen Sinaga (ISIP), Damianus Hali (Filsafat), dan Stefanus Widodo Santosa (Teknik Industri) berunding, maka secara aklamasi terpilih Bob Nainggolan sebagai Ketua dan Danau Limborro sebagai Wakil Ketua untuk memimpin IKA Unpar Periode 2003-3006. Selain itu juga ditetapkan Formatur Pengurus IKA Unpar yang akan menyusun Pengurus Pusat IKA Unpar Periode 2003-2006. Formatur terdiri dari Bob Nainggolan (Hukum), Danau Limborro (Teknik Sipil), Soaloon L. Tobing (Teknik Arsitektur), Antonius Tardia (Ekonomi), Zulkarnaen Sinaga (ISIP), Damianus J. Hali (Filsafat), dan Stefanus Widodo Santosa (Teknik Industri).

4

Tim Formatur IKA Unpar Ki-ka : Zulkarnaen Sinaga, Stefanus Widodo Santosa, Damianus J. Hali, Antonius Tardia, Danau Limborro, Soaloon L. Tobing, Bob Nainggolan

Tugas utama Pengurus Pusat Periode 2003-2006 adalah merampungkan AD/ART dan mempersiapkan Pesta Dies Natalis Unpar Ke-50 pada tahun 2005. Selain itu Pengurus juga akan melakukan pendataan alumni dan pembentukan Ikatan Alumni Unpar di daerah-daerah.

5

Foto Bersama Peserta Kongres I IKA Unpar Bandung, 1 Maret 2003

6

Susunan Akhir P3IKA Unpar Ki-ka : FX Mardjoko, Gany Anggawijaya, Antonius Tardia, Freddie Lim, Bob Walewangko, Soerjadedi Sastraatmadja, Siska Roestiani, Yeyen S. Tanumihardja, R. Ismadi S. Bekti

Incoming search terms:

  • history pembentukan organisasi alumni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *

©2014 - Dikelola oleh Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) Bandung